Review: The Hobbit: AUJ, Chronicles: Art & Design

22 Maret 2013 § 3 Komentar

Jadi, gue jatuh cinta setengah mati dengan The Hobbit: An Unexpected Journey (AUJ) sejak pertama kali nonton di bioskop. Yeah, waktu itu gue beruntung dapet versi 3D HFR, tanpa sepengetahuan gue. Pun dibanding di IMAX, gue masih jauh lebih puas nonton 3D HFR ini. Maka, gue pun baca bukunya. Ini bukan kali pertama gue masuk ke dunia Tolkien, dulu waktu masa-masa film LOTR gue udah kenalan, tapi cuma selesai baca hingga buku kedua. Nggak puas baca bukunya, akhirnya gue jatuh hati sama official book dari WETA yang ngebahas tentang desain awal dari film The Hobbit ini.

Setelah menanti dua bulan akhirnya… *jreeeeeeng* The Hobbit: AUJ, Chronicles: Art & Design, sampai ke tangan gue.

Buku ini membahas proses desain dari setiap aspek di film pertama The Hobbit. Dari make-up, hair, costume, props, weapons, furniture, sampai lukisan lanskap dari adegan-adegannya. Memang sih yang dimuat di sini enggak semua, karena kabarnya ada 9000 ilustrasi untuk semua itu dan yang ditampilin di buku ini paling cuma sedikit banget.

Ketika membuka buku ini, langsung disambut dengan sketsa tangan Rivendell. Di balik kover depan ada peta milik Thorin seperti yang kita lihat di film. Petanya bisa disobek (memang ada garis-garis sobeknya gitu), siapa tahu mau dibingkai kayak Bilbo.

Kemudian, di halaman selanjutnya ada semacam kata pengantar dari Daniel Falconer (penyusun), Dan Hennah (Production Designer), dan Richard Taylor (Weta Workshop Design & Special Effect Supervisor). Selanjutnya masuk ke chapter-chapter. Tiap chapter membahas hal-hal yang berbeda, ada yang khusus membahas Bilbo dan hobbit; di chapter An Unexpected Party, dibahas lengkap tentang ketiga belas dwarfs, ada juga yang membahas dwarf di pengasingan dan ketika perang di Azanulbizar, Moria; satu chapter khusus membahas elf, istari (penyihir), goblin, dan lainnya. Sebenernya itu diurutkan sesuai chapter di buku sih, atau urutan kejadian di film.

Di dalam buku, desain-desain, dari yang masih konsep banget, sampai yang hampir final. Kalau untuk karakter para desainer ini biasa memulai dengan prostetik (hidup dan telinga besar khas dwarf, misalnya), kemudian rambut (iye, rambut di mana-mana). Mereka menggunakan desain tangan sampai photoshop. Dari pengakuan para desainer, ternyata justru yang sulit itu bikin sexy dwarf (Thorin, Kili, dan Fili). Di bagian Kili, salah satu desainernya ngaku kalau Aidan Turner, pemeran Kili, nggak punya tampang dwarf dan memang dasarnya cakep. Jadi, kalau ditambahin prostetik malah jadinya bakal aneh. Desain akhirnya, itu jadi setelah tim art & design ketemu pemerannya langsung. Hal itu juga terjadi sama Thorin dan kayaknya karakter-karakter yang lain juga.

Karena harus banyak karakter juga yang didandani. Maka untuk tim kostum juga jadi tugas yang berat. Terutama dwarf ya. Setiap dwarf punya ciri khas masing-masing dan pemilihan bahan-bahan, warna untuk kostum pun disesuikan dengan karakter tiap tokoh. Kayak Thorin (yang majestic) harus kelihatan bangsawannya, juga Kili dan Fili, sebagai keponakannya.

Setiap karakter juga dibuatkan barang-barang sehari-hari, termasuk gelas dan mangkuk makan (tapi kayaknya nggak muncul di film). Yang kelihatan mungkin pipa, yang didesain beda-beda juga untuk setiap karakter. Begitu pula dengan senjata, karakter-karakternya ngaku ditanya dulu mau senjata yang gimana, baru didesainkan, dan mereka ngasih nama sendiri. Termasuk kayu Oak milik Thorin, itu ide dari si Richard Armitage sendiri.

Masih banyak ya komen-komen lainnya mengenai tiap desain yang ada di buku. Nyenengin rasa lihat konsep demi konsep, setelah nonton filmnya. Kayaknya tuh setelah baca buku ini pengin melototin detail apa lagi yang kelewat. Apalagi kalau hobi desain ya, menurutku buku ini menarik banget sih.

Oh ya, di buku ini juga hampir nggak ada foto-foto aktor/karakter, cuma satu atau dua gitu yang foto beneran. Sisanya ya ilustrasi, sketsa, dan desain gitu. Bulan April nanti bakal keluar The Hobbit: AUJ, Chronicles: Characters & Creatures.

The Hobbit: AUJ, Chronicles: Characters & Creatures

Di penutup buku, ada salinan kontrak Bilbo!😀

Buku ini bisa dibeli di weta ($39,99), bookdepository, amazon, barnes & noble, kalau mau yang harga rupiah, bisa coba di periplus.com (Rp 420.000,-). Sementara buku Characters & Creatures udah bisa di PO di toko-toko buku impor (di periplus belum bisa), seharga sama dengan buku Art & Design. Catatan: bookdepository & periplus ngasih bebas ongkir.

Ini beberapa tampilan halaman Art & Design (fotonya aku comot dari blog orang, karena mau foto di sini remang-remang).

desain Bilbo dan perlengkapannya.😀

Desain sepatu Thorin and Co.

Sketsa lanskap gitu deh

Sketsa Rivendell

Kontrak Bilbo

sumber gambar: parkablogs

Bogor, 22 Maret 2013

§ 3 Responses to Review: The Hobbit: AUJ, Chronicles: Art & Design

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Review: The Hobbit: AUJ, Chronicles: Art & Design at Hero of The Drama.

meta

%d blogger menyukai ini: