hari ini aku mencintaimu

28 Februari 2015 § 1 Komentar

Jonathan,

Aku ingat sebuah pertanyaan dari sebuah film. Sekiranya amat sederhana, namun jika dimaknai begitu luas dan dalam.

‘Mengapa kita jatuh?’

‘Agar kita belajar untuk bangkit lagi.’*

Begitu pulalah yang terjadi setiap kali seseorang jatuh cinta. Kita jatuh, terbuai manisnya ilusi bersama, dan akhirnya baru menyadari sakitnya. Baru merasakan berada di dasar. Akhirnya bersama, atau berpisah, akan sama saja proses yang dialami.

Berpisah, seperti aku dan abangmu. Aku mencintainya. Jatuh bersamanya. Akan tetapi, kami bangkit sendiri-sendiri. Kamu tahu betapa sulitnya aku berusaha. Mudah untuk membenci orang lain, tapi perihal melupakan, seringkali butuh waktu lebih dari seumur hidup. Aku tak bisa membencinya, itulah mengapa aku memilih lama tinggal di dasar. Nelangsa karena sesuatu yang bagi orang lain adalah sumber bahagianya.

Dan kamu datang, Jonathan.

Kamu meyakinkan aku untuk bisa berdiri lagi dan berhenti terpuruk. Itu sama sekali tak gampang. Aku merana dan mengajakmu serta mencicipi itu. Namun, kamu tak pernah berhenti membuatku percaya aku bisa bangkit lagi. Kamu tak pernah bisa membenciku karena apa yang sudah aku lakukan. Kamu terlalu cinta kepadaku.

Aku menyerah untuk sakit sendiri. Bangun bersamamu. Menggapai tanganmu.

Memutuskan bersama bukan perkara mudah. Cinta bisa datang sedetik dua detik saja. Mencintai adalah mengalami sedetik, dua detik, tiga detik, empat, dan seterusnya. Butuh nyali besar untuk bertahan di sana. Sesuatu yang tak pernah kupunya ketika aku bersama abangmu. Sebab dulu, aku tahu suatu hari akan berpisah darinya—pasti. Sekarang dia berada di tempat yang tepat. Sebagai bayang-bayang dan kenangan. Masa lalu yang tanpa masa depan. Bersamamu, ada masa depan yang menunggu. Hari esok yang tak bisa kita tebak.

Jonathan, ketika aku bersedia bersamamu, merupakan saat aku menyerahkan semua yang kupunya. Bukan hanya cinta. Cinta hanya satu dari sedikit hal yang mengingatkan kita ke mana harus kembali pulang. Hari ini tujuanku adalah kepadamu.

Jonathan, kita jatuh dan bangkit untuk berjalan bersama. Perjalanan itu mungkin tidak akan mulus. Bahagia tidak akan datang bertubi-tubi. Besok adalah misteri. Akan tetapi, hanya satu yang pasti, Jonathan. Hari ini aku mencintaimu.

Tatyana

*terjemahan suka-suka dari kutipan dialog di Batman Begins (2005)

Surat penutup #30HariMenulisSuratCinta. Terima kasih buat Danissyamra dan tukang posku, Kak Gembrit! 


 

Surat yang lalu:

Surat Hari ke – 1: Halo, Tatyana
Surat Hari ke – 2: Kangen
Surat Hari ke – 3: Sakit
Surat Hari ke – 4: Jangan Sebut Namanya Lagi
Surat Hari ke – 5: Orang Lama dan Orang Baru
Surat Hari ke – 6: Sierra Tango Oscar Papa
Surat Hari ke – 7: Aku Tau, Tatyana
Surat Hari ke – 8: Karma
Surat Hari ke – 9: Tersenyumlah, Tatyana
Surat Hari ke – 10: Haruskah Aku Memaafkanmu?
Surat Hari ke – 11: Jangan Khawatir, Aku Ada Untukmu
Surat Hari ke – 12: Cinta Lama Masih Ada
Surat Hari ke – 13: Sama Saja
Surat Hari ke – 14: Inglourious Basterds, Mereka, dan Kamu
Surat Hari ke – 15: Cinta Itu Memilih
Surat Hari ke – 16: Pilih Sendiri Jawabanmu
Surat Hari ke – 17: Aku, Mencintaimu
Surat Hari ke – 18: Bayang-Bayang
Surat Hari ke – 19: Jangan Biarkan Aku Menunggu Terlalu Lama
Surat Hari ke – 20: Mulai Mencintaimu
Surat Hari ke – 21: Pilihan
Surat Hari ke – 22: Pilihan
Surat Hari ke – 24: Aku Mencintaimu
Surat Hari ke – 25: Aku Kecewa
Surat Hari ke – 26: Titik Balik
Surat Hari ke – 27: Berbaliklah
Surat Hari ke – 28: Kamu dan Surat-Suratmu
Surat Hari ke – 29: Sebuah Tiket Untuk Perjalanan ke Masa Depan

Tagged:

§ One Response to hari ini aku mencintaimu

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading hari ini aku mencintaimu at Hero of The Drama.

meta

