hari ini 25 maret

25 Maret 2015 § 1 Komentar

Hari ini 25 Maret. Aku bersembunyi di balik kelokan. Mengintip sedikit ke lorong yang sepi. Seorang lelaki berjalan pelan di sana. Satu tangannya disembunyikan di belakang punggung.

Aku tersenyum.

Aku tahu.

Hari itu 25 Maret. Ada janji makan malam yang menyebabkan jantungku berdebar-debar sejak siang. Aku duduk, berdiri, berjalan bolak-balik di kamar hotel yang kutinggali sementara. Sejenak, aku berhenti di depan cermin, mematut penampilan. Mengatur rambutku yang hitam panjang. Sudah cukup pantaskah aku untuk janji temu kali ini?

Hari ini 25 Maret. Perasaanku campur aduk saat langkah-langkah pria itu semakin dekat. Di tanganku tergenggam kompas. Permukaannya berukir indah, paduan sulur dan bunga-bunga kuno. Bidangnya yang dari metal, berkilau karena cahaya lampu.

Aku mulai merapal doa. Pria itu sudah semakin dekat dengan keberadaanku.

1… 2… 3… aku akan muncul di hadapannya.

Hari itu 25 Maret. Setelah sekian lama aku tidak punya hubungan khusus dengan laki-laki manapun. Kali itu, aku tidak bisa menyangkal perasaan yang menyelinap. Aku dan dia bertemu di sebuah konferensi konservasi terumbu karang. Bertukar nama, bidang yang ditekuni, dan asal instansi.

Bibirnya merah. Senyumnya malu-malu. Dia sudah menikah.

Itu tidak menghalangi kami untuk menghabiskan waktu bersama. Bicara tentang penelitiannya di Pulau One Tree yang terletak pada Great Barrier Reef. Pulau terpencil yang dikelilingi oleh hamparan terumbu karang. Setiap dua hari sekali dia harus menyeberang ke sebuah situs bernama DK-13 untuk mengambil data. Meloncat antar permukaan terumbu karang, melawan air laut setinggi dada, dan berada di bawah bintang-bintang.

‘Tak ada yang bisa dengar teriakanmu di sana.’

Dia serius. Aku tertawa.

Hari ini 25 Maret.

“Jonathan.”

Langkah laki-laki itu terhenti. Dia berbalik, menghadapku agak terkejut.

“Eri, apa yang kamu lakukan di sini?” tanyanya, kembali menyembunyikan tangannya. “Kamu memotong rambutmu?

Aku tersenyum. Mengabaikan pertanyaannya yang kedua. “Menunggumu.”

“Kamu bilang mau nunggu di kamar hotel.”

“Kan bukan cuma kamu yang bisa ngasih kejutan.”

Pria itu mendekat. Lalu, menjulurkan tangannya yang sesungguhnya membawa kejutan, tapi telanjur kulihat. Seikat bunga berwarna kuning. Dandelion.

“Untukmu, Eridani,” katanya, merekahkah senyum. Dia benar-benar bahagia melihatku.

Aku mengecup pipinya. “Terima kasih, Jonathan.” Kuambil bunga itu. Mendekatkannya ke hidung. Kuraih tangannya dan kugenggam kencang. “Ayo ikut aku.”

“Ke mana?”

Hari itu 25 Maret. Dia yang kutunggu akhirnya datang. Kuluruskan permukaan gaun satin merahku. Menarik napas panjang berkali-kali sebelum membuka pintu. Jatuh cinta memang tidak pernah mudah.

Lelaki di balik pintu menyunggingkan senyumnya lebar. Ada lesung pipit terbit di pipi kirinya. Tangannya mengulurkan sebuket bunga. Kelopaknya berwarna kuning cerah.

“Dandelion. Dapat dari mana?” tanyaku terheran-heran dan senang.

“Kapan-kapan aku akan ajak kamu ke sana. Kamu bisa petik sepuasnya.”

Aku langsung memeluknya. Rindu yang pekat membuatku serasa tak ingin melepasnya sama sekali.

“Aku mencintaimu,” bisiknya.

Tak pernah lagi kudengar kalimat serupa setelah malam itu. Tak pernah dia mengajakku ke padang dandelion yang dijanjikan. Semua dimulai ketika dia bilang: aku ingin bicara.

Hari ini 25 Maret. Seorang Shaman menjejalkan kompas itu kepadaku hari sebelumnya.

“Kamu punya kesempatan sekali untuk kembali. Di tanggal yang sama. Waktu yang sama. Lalu, sekali untuk pergi tanpa tiket untuk pulang.”

Aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu. Empat tahun sudah berlalu sejak dia memutuskan meninggalkanku karena tak mau berpisah dengan istrinya.

Hari ini 25 Maret yang sama ketika dia memberiku keputusan itu. Aku menghadangnya di balik kelokan lorong hotel yang waktu itu kuinapi. Akan kuajak dia pergi ke tempat yang orang-orang lain tidak bisa mendengar tawa bahagia kami.

Berdua saja. Dan dia tak akan meninggalkanku lagi.

 

ditulis untuk #RabuMenulis #TimeTravelerSeries.

§ One Response to hari ini 25 maret

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading hari ini 25 maret at Hero of The Drama.

meta

